pengertian Sound Card

| |

ALL ABOUT SOUND-CARD

Apabila kita ditanya Salah satu komponen multimedia yang berperan dalam computer, pasti salah satu jawaban yang ada di pikiran kita adalah sound card atau kartu suara. Disebut demikan karena perangkat yang berbentuk sebuah lempengan PCB ini mampu mengolah dan menghasilkan suara. Dan saat ini terdapat Beberapa Vendor Sound Card yang memasarkan barangnya di Indonesia antara lain adalah Turtle Beach Systems, Creative Labs, Advanced Gravis, Yamaha, dan ESS Technology.

Pengertian Sound Card.

Sound Card Atau yang lebih kita kenal dengan Kartu suara adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.

Fungsi Sound Card.

Sound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu :
Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker.
synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.


Pemasangan Sound Card.

Pada awal kemunculannya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Tapi sesuai berkembangnya zaman, saat ini Sound card tampaknya menjadi suatu perangkat wajib yang harus ada di setiap komputer kita. Dan dilihat dari cara pemasangannya, sound card sendiri dibagi 3 antara lain :
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada Motherboard komputer kirta.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard kita. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.


Contoh Sound Card yang Baik

Dari beberapa vendor pembuat sound card yang telah disebutkan di atas tadi, Sound Blaster-nya Creative Labs menjadi standar bagi banyak sound card yang ada di pasaran. Tidak mengherankan karena kualitas sound card Creative telah diakui sebagai yang terbaik.Sound Blaster sendiri adalah sebuah sound card yang selama beberapa tahun ini menjadi standar de facto untuk setiap komputer IBM PC Compatible sebelum PC Audio menjadi maju. Sound Blaster diproduksi oleh Creative Labs yang berada di Singapura.Salah satu contoh terobosan terbaru Sound card di dunia audio digital buatan Creative saat ini antara lain adalah EAX Advanced HD, Creative SoundBlaster Audigy 2 ZS Notebook PCMCIA, Creative Sound Blaster X-Fi Elite Pro.


Speaker itu juga penting!!

Bagusnya suara tidak hanya ditentukan dari sound card saja, tapi tergantung pula pada speaker yang kita gunakan. Kalau sound card yang kita gunakan sudah dilengkapi dengan kemampuan surround atau prologic, padahal speaker yang ada hanya jenis stereo saja, maka efek suara yang dihasilkan sound card tidak akan maksimal. Apabila sound card kita sudah mendukung 7.1 channel, sebaiknya kombinasikan pula dengan speaker yang memiliki jumlah channel sama.Pada model sound card terbaru malah sudah dilengkapi dengan SPDIF atau kanal digital. Dengan pemakaian koneksi model digital ini maka data suara yang dihasilkan oleh sound card akan dikeluarkan oleh speaker dengan lebih jernih, tanpa ada noise atau bunyi berdesis.Cara cermat memilih speaker bisa kita mulai dengan memahami beragam istilah teknisnya. Bagus tidaknya tergantung pada telinga. Jika suara keluaran speaker sudah terasa nyaring, apik, jernih, dan nyaman di telinga kita, boleh jadi itulah spiker yang cocok untuk kita. Sungguh subyektif, memang.Karenanyalah memilih speaker yang bagus tidak bisa sekadar mengamati lembaran spesifikasi produk. Speaker harus diaktifkan lalu dicoba. Malah, kalau bisa kita membandingkannya dengan speaker lain yang ada di etalase toko. Namun, memahami beragam istilah yang terlampir di brosur produk juga tak ada salahnya. Dari sana, kita bisa memperkirakan kemampuan hingga mengetahui kecocokannya untuk sebuah aktivitas bermusik

http://dunk-amd.blogspot.com/2007/10/all-about-sound-card.html

Seputar Sound Card

Channel
Jenis output yang dihasilkan oleh suatu sound card atau chipset audio, dimana akan memberikan pengalaman yang lebih realistis saat kita memainkan game atau menonton. Dimana channel 5.1 ini berarti menggunakan 5 satellite dan 1 sufwoffer yang masing-masing akan mewakili dari berbagai arah datangnya suara seperti dari depan, kiri, kanan, belakang, atas, dan bawah.

http://gema.sabda.org/seputar_sound_card

Pengenalan Soundcard

Posted on September 29, 2008 - Filed Under Audio Digital |

Bagaimana anda akan menghubungkan microphone, headset, speaker, gitar listrik, atau setrika listrik (lho..?!) pada komputer anda ?

Mari kita bicarakan mengenai soundcard. Soundcard adalah bagian dari komputer yang berfungsi untuk merubah suara Analog menjadi Digital atau sebaliknya. Dari beragam jenis, merk dan harganya, yang akan kita bicarakan hanyalah yang berupa slot PCI ataupun on board yang memiliki tiga jack dan satu buah joystick port, yang harganya murah

http://apmukti.staff.uns.ac.id/2008/09/29/pengenalan-soundcard/

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire

Sound Blaster Live !

Salah satu contoh sound card yang terbilang sangat sukses di pasaran indonesia adalah Sound Blaster, dari Creative Labs.

Untuk memainkan musik MIDI, pada awalnya menggunakan teknologi FM Synthesis, namun sekarang sudah menggunakan Wavetable Synthesis Sedangkan untuk urusan digital audio, yang dulunya hanyalah 2 kanal (stereo), sekarang sudah menggunakan 4 atau lebih kanal suara (Surround). Kualitas nya pun sudah meningkat dari 8 bit, kemudian 16 bit, dan sekarang sudah 24 bit, bahkan 32 bit.

[sunting] Cara Kerja

Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3

http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_suara

Meningkatkan Performa Sound Card Onboard Kategori : Tips & Trik

Bagi orang yang memiliki sound card onboard maka kualitas suara yang dihasikan akan sangat bergantung dari sound card itu sendiri tanpa mengandalkan sound card tambahan, disamping pengaruh dari kualitas speaker juga. Beberapa tips berikut dapat membantu untuk meningkatkan performa sound card onboard yang anda miliki sehingga memiliki kualitas output suara yang lebih baik dan maksimal.

Sound card onboard adalah kartu suara yang sudah menyatu dengan motherboard, jadi anda tidak perlu membeli sound card tambahan (eksternal) meskipun sebenarnya kualitas sound card onboard belum bisa mengalahkan dari sound card eksternal / tambahan. Namun jika anda menginginkan sound card onboard anda bekerja secara lebih maksimal, ikuti tips berikut:

Instal Driver Terbaru
Driver sound card onboard biasanya sudah menyatu dengan driver motherboard pada paket pembelian. Sangat dianjurkan untuk menggunakan driver yang terbaru (terutama bagi anda yang memakai motherboard tipe lama). Anda bisa mendapatkannya melalui situs resmi motherboard anda di internet.

Instal DirectX Terbaru
Peranan DirectX cukup berpengaruh juga dalam meningkatkan performa sound card onboard disamping kegunaannya untuk memaksimalkan tampilan video. Gunakanlah DirectX yang paling aktual yang bisa anda dapatkan di internet

Setting Bios
Pada pengaturan Bios anda, aktifkan fasilitas sound card onboard. Anda bisa cari pada bios anda, kemudian pada pilihan Sound card onboard, anda pilih Enable.

Memakai Software Tambahan
Ada beberapa software yang bisa meningkatkan kualitas suara pada komputer anda. Misalkan jika anda suka mendengarkan musik menggunakan Winamp, anda bisa meningkatkan kualitas suaranya dengan software Plugin Winamp yang banyak tersedia di situs Winamp, diantaranya adalah menggunakan DFX.

Semoga bermanfa'at

http://indocommit.com/indexpage.html?menu=29&idnews=4070&kid=2

HOME | Download | Free Ebook | Penghasilan Tambahan | BISNIS ONLINE BERBAYAR

Sound Card

vote
nowBuzz up!

Siapa yang tidak kenal Soundcard ? Yap betul. Soundcard adalah kartu suara :) Ooh, kalau itu sih semua orang (pemakai komputer) sudah pada tahu.


Pada artikel IT kali ini, saya ingin membahas tentang Soundcard. Sebenarnya, apa sih pengertian dari soundcard atau kartu suara ini ?

Begini de (halah sok tua :) ), kartu suara atau kartu audio atau audio adapter adalah sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan suara (ooh itu sih jelas).

Nah, si kartu suara ini biasanya bertengger (kayak burung) di slot motherboard yang disebut dengan ISA ( Industri Standard Architecture) atau pun PCI (Peripheral Component Interconnect) Beberapa fungsi dari kartu suara ini :

- menerima masukan dari perangkat input, misalnya dari mikrofon.
- merekam suara
- melakukan beberapa manipulasi pada suara asli (pada program-program tertentu).

Pada dasarnya, fungsi dari device tersebut adalah sebagai pengubah dari analog ke digital yang mengubah sinyal digital ke format analog. Soundcard biasanya digunakan dalam berbagai aplikasi multimedia, misalnya : komposisi musik, mengedit video atau audio, persentasi, game.

Fungsi utama dari kartu suara yaitu:

a] Sintesis (generasi suara dari sinyal digital)

b] MIDI (Musical Instrument Digital Interface: standar protokol yang memungkinkan perangkat elektronik berkomunikasi, kontrol dan sinkronisasi satu sama lainnya. Dengan kata lain, MIDI memungkinkan pertukaran data sistem)

c] Analog-ke-digital converter (misalnya mengubah masukan sinyal analog suara dari mikrofon ke mode digital)

d] Digital-ke-analog converter (misalnya reconverts digital ke sinyal output sinyal analog)

Suara sintesis meliputi tiga metode antara lain FM (Frequency Modulation) synthesis, Wavetable synthesis dan Physical Modeling.

Sebelum ditemukannya kartu suara, sebenarnya komputer itu tidak dirancang untuk menghasilkan suara maupun musik. Kemudian komputer dilengkapi dengan speaker internal yang hanya mengeluarkan bunyi, fungsinya adalah sebagai alarm atau peringatan.

Pada perkembangan selanjutnya, programer komputer menambahkan suara untuk dimasukkan ke dalam game. Pada mulanya kartu suara yang dirancang dan dipasarkan untuk IBM PC berdasarkan spesifikasi aplikasi audio seperti komposisi musik ((AdLib Personal Music System, Creative Music System, IBM Music Feature Card) atau speech synthesis (Digispeech DS201, Covox Speech Thing, Street Electronics Echo) . Di tahun 1988 perusahaan seperti Sierra mulai menambahkan efek suara dalam permainan.

Pada awalnya, kartu suara untuk IBM PC diproduksi oleh AdLib. Kartu ini didasarkan pada chip Yamaha YM3812 , alias OPL2. Pada waktu yang bersamaan; Creative Labs juga memasarkan kartu suara yang disebut Creative Music System .

Creative Labs Sound Blastermemperkenalkan kartu yang rumit di IBM PC kompatibel. Sound Blaster memiliki prosesor tambahan untuk merekam dan memutar ulang audio digital di samping mdel AdLib.

Sound Card USB dari Creative

28-08-2008

Sound Card terbaru keluaran Creative Singapore, Creative X-FI Go!. Bentuknya yang mungil tetapi memiliki fitur yang cukup bisa diandalkan. Sound card ini menggunakan koneksi USB sehingga pemakaiannya akan sangat mudah bagi anda yang sering "mobile". Pada bagian outputnya terdapat 2 port yakni port Microphone serta Earphone yang anda bisa gunakan untuk berkomunikasi.

Fitur yang ditawarkan oleh X-FI GO! tidak kalah dengan sound card creative lainnya, yakni sudah ada dukungan CMMS 3D, Crystalizer, EAX Advance HD serta OpenAL Support. Tidak ketinggalan USB ini juga sudah preloaded (terinstall) dengan aplikasi Alchemy, WaveStudio serta aplikasi pendukung lainnya.

Sangat disayangkan produk ini baru tersedia di wilayah Singapore dengan harga S$79 (atau sekitar 500rb rupiah).

Tips Menyesuaikan Pemilihan Sound Card.

Sound Card berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal analog suara ataupun sebaliknya. Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh sebuah chip DAC ( Digital to Analog Converter) sebagai chip pendamping chip utama Sound Card. Chip DAC ini berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Secara kinerja dapat dijelaskan chip ini memproses output yang dihasilkan oleh controller utama / chipsound yang berupa data digital menjadi data analog.
Yang perlu diperhatikan dalam memilih Soung Card adalah:

1. Jenis chip / DSP.
2. DAC.
3. Playback quality: 24bit/192khz merupakan kualitas kelas atas.
4. Recording: 24bit/96khz untuk hasil terbaik.
5. Respon frekwensi.
6. SRN Rasio 106 - 108db.
7. Hardware accleration untuk mengurangi beban prosessor.
8. Dukungan playback 7.1, ASIO 2.0, EAX 2/3/4/5.0 untuk games, THX untuk film, PCM/MLP(DVD).
9. Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optical.
Telinga awam mungkin agak sukar mendapatkan perbedaan output suara soundcard onboard ecek-ecek dengan soundcard addon yang berkualitas, namun penikmat musik sejati ataupun pemilik home entertainment sangat peka terhadap respon setiap frekwensi yang dihasilkan oleh soundcard tersebut.
1. Dengan bantuan software dapat diketahui respon renge frekwensi yang dikeluarkan oleh soundcard tersebut dengan hasil yang baik merupakan hasil yang flat.
2. Tidak ada range frekwensi yang lebih domain antara yang satu dengan yang lain.
3. Suara terdengar natural setiap alat musik berbunyi sesuai posisinya.
4. Karakteristik yang baik jika range frekwensi_hingga trebel sedikit basah, tidak cempreng seperti kaleng layaknya kehilangan nyawa, tidak terlalu tajam.
5. Begitu pula dengan frekwensi bass yang menendang namun empuk tidak kasar dan dapat memisahkan frekwensi bass petik dan bass drum secara jelas.

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/news/1867126-tips-menyesuaikan-pemilihan-sound-card/

1 komentar:

Poskan Komentar